Rabu, 28 Agustus 2019

Menumbuhkan Kebiasaan Menulis pada Anak

Kemampuan menulis pada dasarkan merupakan literasi dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang. Profesi apapun yang kelak dijalani akan sangat terbantu dengan kemampuan menulis.

Lalu, apa sebenarnya kemampuan menulis?

Secara sederhana, kemampuan menulis bermakna keterampilan seseorang dalam memaparkan ide, gagasan, pemikiran, juga perasaannya dalam sebuah struktur tulisan yang bisa dipahami orang lain (pembaca).


Jadi, ada beberapa unsur kemampuan menulis.

1. Keterampilan

Menulis adalah keterampilan. Semua orang punya potensi yang sama untuk bisa menulis. Semakin sering dilatih, maka semakin baik kemampuan tersebut.

2. Ide, gagasan, pemikiran dan perasaan

Konten tulisan bisa apa saja. Baik yang ada di dalam diri penulis maupun di lingkungan. Untuk tahap awal misalnya, bisa menulis apa yang dirasakan, sedih, senang atau lainnya.

3. Struktur tulisan

Ini yang dinamakan 'ilmu menulis'. Jadi untuk bisa menulis dengan baik, ada seperangkat ilmu kepenulisan yang perlu dipelajari. Sebagian ilmu kepenulisan sebenarnya sudah ada di pelajaran bahasa Indonesia sejak kelas 1 SD.

Contoh sederhana seperti penggunaan huruf kapital, membuka sebuah cerita, penokohan, alur dan seterusnya.

Untuk saat ini sudah banyak pelatihan kepenulisan baik yang gratis maupun berbayar, baik melalui tatap muka langsung maupun lewat aplikasi daring.

4. Dipahami pembaca

Ada beberapa standar sebuah tulisan dikategorikan bagus diantaranya adalah pesan tulisan tersebut dapat dipahami oleh pembaca.

Mungkin kita pernah membaca sebuah tulisan, sampai tulisan tersebut habis, kita malah berujar, "jadi maksudnya apa?" Nah tulisan seperti ini kurang berhasil menyampaikan gagasan tulisan.


Hubungan kemampuan menulis dan berpikir

Seseorang yang memiliki cara berpikir yang baik akan memiliki ide atau gagasan yang hebat. Namun ide tersebut tidak akan diketahui orang lain jika tidak disampaikan.

Ada dua cara penyampaian ide ke publik, dibicarakan (media lisan) dan dituliskan (media kata).

Ide hebat + kemampuan bicara = orator
Ide hebat + kemampuan menulis = penulis
Ide hebat + kemampuan bicara + kemampuan menulis = orang besar

Bisa ditelisik bahwa semua orang besar di dunia meninggalkan gagasan hebat lewat tulisan atau orang lain yang menuliskannya.

Kelebihan lain seseorang yang memiliki keterampilan menulis adalah kemampuan berpikir terstruktur. Maksudnya ia mampu melihat sebuah permasalahan secara keseluruhan. Apa penyebabnya, apa dampaknya, bagaimana solusinya, siapa yang terlibat dan seterusnya.

Berpikir tersruktur berguna di dunia akademis juga di kehidupan sehari-hari ketika mengalami permasalahan.

Menumbuhkan kebiasaan menulis

Ada beberapa tahapan menumbuhkan kebiasaan menulis pada anak.

1. Usia 0 sampai 5 tahun

Mendekatkan anak pada aktifitas membaca dan menulis. Anak dibacakan buku. Diminta mengulang cerita. Ditanya apa yang diiingat dari cerita. Diajak diskusi isi buku. Dilatih menulis satu dua kalimat terkait isi buku.

2. Usia 6 sampai 9 tahun

Melanjutkan aktifitas sebelumnya namun dengan tahap lebih tinggi. Mengulang isi buku atau membuat cerita versi anak berdasarkan kisah dari buku. Menulis dua tiga paragraf terkait isi buku. Berani menempel hasil tulisannya di ruang umum misal di ruang keluarga atau di ruang kelas.
Jika memang ada,  bisa dimasukkan ke klub menulis di sekolah atau lembaga khusus.

3. Usia 10 tahun sampai 13 tahun

Menulis satu tulisan utuh misalnya cerita, pengalaman, kartun atau puisi. Berani mempublikasikan ke media lebih luas seperti media sosial atau media cetak. Terbiasa menulis kejadian yang dialami.

Perlu pendampingan orang tua terkait publikasi ke media. Diajarkan juga tentang makna sebuah proses tidak hanya hasil.

4. Usia 14  tahun ke atas

Sudah bisa dibuat target menulis. Menyelesaikan satu buku. Mendiskusikan isi buku. Memilih buku yang bisa dicontoh untuk tulisan. Dan jika serius menekuni profesi menulis dapat dibuat akun khusus seperti blog atau aplikasi menulis agar karya anak terdokumentasi dengan baik.

Demikian artikel duniabunda kali ini. Jika ingin berkonsultasi lebih lanjut, bisa hubungi nomor 0811788129. Semoga bermanfaat 👌


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI