Sabtu, 08 Desember 2018

Dari Instrumen Hingga Intifada

Sejujurnya saya sangat jarang mendengar lagu. Hanya ada dua kesempatan yang biasanya (tidak selalu) saya menghidupkan winamp di handphone.

Saat macet di jalan. Durasi sejam pertama lebih sering ngobrol dengan suami. Tapi di jam-jam berikutnya, saya memilih diam dan mendengarkan musik.

Kesempatan kedua adalah saat saya sedang ingin sesuatu yang beda. Semisal saya bosan atau lelah atau tetiba mellow. Nah memutar lagu menjadi alternatif pilihan menghalau rasa yang hadir tersebut.

Jika dalam kesempatan pertama, saya cendrung memilih lagu berirama lembut dan menenangkan. Sebaliknya, untuk momen kedua saya lebih suka lagu dengan ritme menghentak, menyalurkan semangat dan bernuansa gembira. Meski tersimpan cukup banyak playlist lagu di memori hp tapi hanya beberapa saja yang sering saya dengar.

Berikut daftar lagu yang sering diputar di play music.

1. Instrumen Kenny G

Kenny G merupakan salah satu musisi instrumental asal Amerika kelahiran 1956. Ia mulai bermain musik sejak usia 10 tahun. Dikenal di dunia internasional setelah merilis album keempatnya di tahun 1986. Diantara instrumen Kenny G yang sering saya putar adalah The Moment dan Love is On the Way.

2. Negeri di Awan oleh Katon Bagaskara di album perdananya. lagu ini terinspirasi dari wilayah dataran tinggi Dieng yang berada di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah.

3. Yogyakarta oleh Kla Project. Seperi Negeri di Awan, lagu ini bernuansa manis dan romantis. Lagu ini meraih Penghargaan BASF Award untuk kategori Lagu Terbaik di tahun 1991.

4. Insan Utama oleh Haddad Alwi berkolaborasi dengan Duta SO7. Lagu ini terdapat di album Jalan Cinta yang dirilis pada 2006. Sebelumnya Haddad Alwi dikenal melalui album religi Cinta Rasul. Bersama penyayi cilik Sulit, Haddad Alwi mengeluarkan album Cinta Rasul 1 dan 2.

5. Intifada oleh Rabbani sebuah grup nasyid asal Malaysia yang beranggotakan 8 orang. Lagu ini dirilis pada 2001. Iramanya beat dengan ritme cepat, bersemangat sesuai lirik lagu yang berkisah tentang perjuangan muslim Palestina.

Demikian lagu yang cukup sering saya putar dan boleh dikategorikan playlist favorit saya. Melihat daftar lagunya jadul semua ya... Maklum saja, saat ini saya tidak lagi mengikuti tren musik meski lewat youtub sekalipun. Jadi ya... yang ada di daftar winamp adalah lagu-lagu terdahulu. Terpentingkan dengan mendengarkan lagu, pikiran terhibur dan menyenangkan. Benar tidak?

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI