Kamis, 13 September 2018

Keelokan Gunung Dempo dan Tempat Wisata di Sekitarnya

Gunung Dempo sebagai puncak tertingg jajaran pegunungan bukit Barisan di pulau Sumatera dan berstatus masih aktif adalah daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mengunjungi kota Pagaralam, Sumatera Selatan.
Panorama kaki gunung Dempo

Untuk sampai ke kota Pagaralam, banyak pilihan transportasi. Bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 8  jam dari kota Palembang.

Atau memilih menaiki pesawat dengan tujuan bandara Atung Bungsu. Travel dan bus juga ada. Alternatif lain dengan menaiki kereta dari stasiun Kertapati dan berhenti di stasiun Lahat kemudian melanjutkan menaiki bus.

Tidak hanya menawarkan wisata gunung Dempo dengan hamparan kebun teh, ada beberapa tempat wisata sekitar gunung yang juga patut disinggahi.
Berikut tempat wisata tersebut.

1. Titik awal pendakian gunung Dempo.

Di lokasi ini terdapat tugu Rimau juga tulisan 'Pagaralam' dengan ukuran besar. Pengunjung disarakan datang di waktu pagi. Saat mobil mulai memasuki gerbang area gunung, bukalah pintu jemdela dan matikan AC. Udara sejuk khas gunung Dempoa siap menyapa.

Sekitar jam 9, matahari pagi mulai naik. Perlahan, sinar matahari membungkus udara dingin pegunungan.  Semburat cahaya jingga menerobos gumpalan awan putih adalah lukisan alam paling mengesankan.

Pada ketinggian 1820 Mdpl pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bernuansa hijau dan biru. Hijau dari perkebunan teh serta biru dari langit yang membentang.

Jika cukup bernyali, ada fasilitas sepeda langit yang bisa dicoba. Untuk urusan perut, percayakan pada beberapa kedai makanan dengan pelayannya merangkap pemandu wisata, keren kan?!

2. Kebun strawberi di kaki gunung Dempo

Menyaksikan buah strawberi merah ranum bergelayut manja memang sangat menggemaskan. Mau makan sepuasnya boleh tanpa membayar lagi setelah membeli karcis Rp 10.000,-/orang.
Bisa panen strawberi

Untuk membawa pulang, pengunjung bisa memanennya kemudian membayar sesuai jumlah berat buah yang dipetik.

Jika ingin membawa oleh-oleh strawberi, tipsnya berkunjunglah ke kebun sesaat sebelum rencana kepulangan. Strawberi termasuk buah yang sulit disimpan. Hanya tahan sekitar satu atau dua hari setelah dipetik. Jadi pastikan saat sampai di rumah, kondisi strawberi tetap segar, tidak busuk atau berjamur.

3. Dempo Park; taman bermain dan bersantai

Tersedia bermacam permainan anak serta cukup banyak penjual makanan. Karena berlokasi di sekitar gunung Dempo maka pemandangan alamnya sangat mempesona. Dan tentu saja sangat instagramable untuk diabadikan dengan kamera. Banyak spot foto kekinian.

4. Air terjun Mangkok

Sebenarnya terdapat banyak air terjun sekitar gunung Dempo. Namun jalur untuk menjangkaunya punya tingkat kesulitan berbeda.  Berbeda dengan air terjun Mangkok yang hanya berjarak 500 meter dari pintu masuk. Letaknya berhadapan dengan Dempo Park.
Kesegaran air terjun Mangkok

Dinamai air terjun Mangkok karena tempat jatuhnya air berbentuk lingkaran besar menyerupai mangkok. Mau tau dinginnya air terjun Mangkok? Lebih dingin dari air kulkas yang tersimpan semalaman dalam freezer. Dijamin seger lahir batin buat yang berani mandi di sini.

5. Tangga seribu di area gunung Gare

Gunung Gare merupakan lokasi wisata yang menawarkan resort dengan pemandangan tepat menghadap gunung Dempo. Nah di lokasi ini terdapat tangga seribu. Susunan tangga yang diapit hamparan kebun teh. Di ujung tangga terdapat lokasi foto yang kece.

Untuk pengunjung yang mencari souvenir atau oleh-oleh khas Pagaralam bisa juga membelinya di daerah tangga seribu. Mulai dari pernak pernik hiasan seperti gelang, kalung, cincin, ikat kepala, ganci, manik-manik, mainan anak yang terbuat dari kayu dan bambu hingga makanan dan minuman. Tentu saja teh dan kopi khas Pagaralam dengan berbagai ukuran tersedia banyak.

Wah ternyata cukup banyak tujuan wisata yang bisa dikunjungi sekitar gunung Dempo. Itu jika pengunjung merencanaka hanya untuk wisata santai. Namun jika pengunjung berencana mendaki gunung Dempo, pasti akan lebih seru lagi pengalaman berwisata.

Ah, jadi makin cinta dengan Indonesia, negeri indah penuh pesona. Yok rencanakan berlibur ke gunung Dempo  kota Pagaralam. Selamat berwisata!

Share:

3 komentar:

  1. jalan-jalan ke pagaralam ceritanya. asyik banget mbak.

    BalasHapus
  2. Unik namanya, air terjun mangkok.
    Lihat kolamnya yang dilingkari pagar batas, jadi teringat kolam air terjun Seloprojo.

    Alamnya terlihat rimbun subur ..., suka ngelihatnya.

    BalasHapus

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI