Senin, 16 April 2018

Piknik Unik ke Pagaralam, Coba Yuk!

Kota Pagaralam merupakan salah satu kota/kabupaten yang ada di provinsi Sumatera Selatan. Letaknya diantara kabupaten Lahat dan kabupaten Empat Lawang.

Dengan luas wilayah sekitar 633,66 km² kota Pagaralam menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Sumsel karena keberadaan gunung Dempo dengan semua panoramanya.

Selain itu ada juga hal-hal unik yang terdapat di kota berhawa sejuk ini. Berikut keunikan tersebut.

1. Kota ini dijuluki sebagai kota bunga

Udara sejuk dari gunung Dempo menyebabkan berbagai macam bunga tumbuh subur. Baik bunga yang biasa ditanam di perkarangan rumah maupun bunga liar. Diantara bermacam bunga tersebut adalah bunga kecubung. Kecubung putih tumbuh dibanyak tempat sepanjang kaki gunung.

Tugu kota bunga dengan simbol bunga kecubung terdapat di area perkantoran walikota Pagaralam.

Bagi yang hobi bertanam bunga, meminta bibit bunga dari masyarakat setempat bisa jadi oleh-oleh unik lho😊

2. Suku Besemah dan kisah Atung Bungsu

Berdasarkan kisah turun temurun, kata besemah berasal dari ikan Semah yang ditemukan oleh istri Atung Bungsu, nenek moyang masyarakat asli sekitar gunung Dempo.

Ikan semah menjadi satu diantara kekhasan kota yang berhari jadi tanggal 21 Juni 2001 ini. Makan dengan menu ikan semah sepertinya akan menggugah selera. Hayo, siapa yang mau traktir saya makan bareng?

Lalu, nama Atung Bungsu kini diabadikan sebagai nama bandara kota Pagaralam. Untuk sementara jalur penerbangan  yang tersedia yakni Palembang, Bengkulu dan Jakarta.

Jika menggunakan jalur darat, jarak Palembang-Pagaralam ditempuh sekitar 8 jam, maka dengan jalur udara hanya 40 menit saja. Sesekali bolehlah dicoba naik pesawat kesini, seru juga 😄
Nama jalan dengan aksara Renceng

3. Nama jalan ditulis dengan aksara lokal

Cobalah perhatikan papan nama jalan yang ada di kota Pagaralam. Di bawah tulisan bahasa Indonesia terdapat tulisan suku Besemah.

Bahasa Besemah (Pasemah) termasuk dalam bahasa Melayu Tua. Tulisan huruf “ULU” atau Aksara Renceng. Disebut Renceng karena ditulis patah-patah.

Jadi tak hanya di kota Jogyakarta nama jalan bertulis aksara lokal. Di kota Pagaralam juga ada. Sumantera seeksotik Jawa kan?!
Gunung Dempo 

4. Gunung Dempo sebagai puncak tertinggi

Keberadaan gunung Dempo menjadi pagar bagi alam sekitar. Hingga daerah ini diberi nama Pagaralam. Gunung Dempo adalah puncak tertinggi (3159 mdpl) dari jajaran pengunungan bukit barisan di sepanjang pulau Sumatera.

Selengkapnya tentang keindahan gunung Dempo akan diulas di tulisan berikutnya ya ✌

5. Mau Ngeteh atau Ngopi?
Biji kopi

Perkebunan teh terhampar luas di kaki gunung dempo. Sesekali kita akan bertemu dengan rombongan ibu sedang memetik daun teh. Atau para bapak yang melakukan peremajaan batang teh.

Perkebunan kopi tertata sepanjang perjalanan mengelilingi gunung dempo. Terkadang kita pun akan menjumpai biji-biji kopi yang dijemur di jalan. Lindasan ban mobil yang lewat membantu memecahkan biji kopi.

Meneguk teh atau kopi hangat sembari merasai suasana dingin kota Pagaralam adalah pilihan tepat. Aroma teh atau kopi menjadikan hati dan pikiran lebih santai. Gimana sudah siap liburan?

Nah, itu hanya beberapa hal unik di kota Pagaralam. Masih banyak keunikan lainnya yang akan kalian temui sendiri saat berkunjung ke sini.

Sebelum menjelajah luar negeri, kenali dan nikmati dulu keelokan Indonesia tercinta. Yuk mari piknik unik ke kota Pagaralam👌

Share:

1 komentar:

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI