Jumat, 27 April 2018

Naik Kereta Api, "Seneng Gak, Nak?"

Anak-anak selalu menyukai hal-hal baru serta penuh tantangan. Jadi jangan heran jika terkadang anak melakukan sesuatu di luar pemikiran orang tua. Semisal naik tembok pagar untuk masuk padahal ada pintu. Atau mengumpulkan wadah bekas meski punya banyak mainan.
Foto bersama di stasiun Indralaya

Rasa ingin tahu yang tinggi pada anak adalah potensi yang dianugerahkan Pencipta agar anak bisa belajar banyak hal. Maka orang tua berkewajiban untuk memahami dan mendampingi setiap perilaku anak.

Salah satu komunitas yang peduli terhadap kebutuhan bermain bagi anak yakni Playdate Palembang. Sebuah komunitas para orang tua yang berkeinginan untuk terus bersama-sama belajar memberi pengasuhan terbaik bagi anak.

Setiap bulan, Playdate Palembang mengadakan kegiatan bersama dengan tema berbeda-beda. Pada Kamis lalu (26/4) Playdate melaksanakan kegiatan rekreasi dan transportasi naik kereta api. "Ini playdate keduabelas sejak pertama kali digagas setahun terakhir di Palembang," ujar Reni Desiani selaku penanggungjawab kegiatan.
Simulasi pemeriksaan karcis

Sesuai dengan tema, playdate dilaksanakan dengan naik kereta api dari stasiun Kertapati menuju stasiun Indralaya dan nama keretanya disingkat menjadi Kertalaya. Biasanya kereta ini digunakan oleh para mahasiswa Unsri namun boleh juga untuk penumpang umum atau rombongan seperti kegiatan anak TK.

Selain simulasi pembelian tiket, para peserta juga mendapat penjelasan tentang kereta api. "Kereta dikemudikan oleh seorang masinis dan dibantu asisten masinis. Ada juga kondektur serta polsusta, polisi khusus kereta," ungkap bapak Sarpon dari PT Kereta Api Indonesia. Sekitar 50 anak mulai dari balita hingga usia SMP begitu antusias sejak naik kereta hingga mengikuti permainan dan perlombaan mewarnai kereta. 

"Siapapun boleh bergabung di group Playdate Palembang. Nanti juga akan dibentuk group komunitas Hebat (Home Edication based on Akhlak and Talents) untuk Sumsel. Group Playdate berupaya mengaplikasikan ilmu yang didapat dari kulwap di group Hebat," papar Amelia sebagai salah satu admin  Playdate Palembang.
Pemanang lomba mewarnai tema kereta

Ternyata setiap pertemuan Playdate selau bertambah peserta baru yang ikut bergabung. Artinya semakin banyak orang tua yang bersemangat belajar parenthood (keayahbundaan). Seperti anak-anak yang juga selalu semangat mengikuti kegiatan playdate. "Seneng gak, Nak?" Tanya seorang ibu  di kereta sepulang acara. Dengan mantap sang anak menganggukan kepala. "Nanti kita jalan-jalan lagi ya," komentar si kecil.

Bagi yang ingin bergabung dengan group Playdate Palembang bisa hubungi ibu Amelia di nomor  085273973230. Sampai berjumpa di kegiatan Playdate Palembang lainnya.
Share:

1 komentar:

  1. wii, jalan jalan naik kereta sama anak anak. pasti mengasyikan

    BalasHapus

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI