Senin, 22 Mei 2017

Bermain Playdough Keren Juga!

Zaman nenek-kakek kita dulu, biasanya anak-anak bermain tanah liat. Sejenis tanah yang lunak dan dapat dibentuk menjadi beragam mainan. Seperti mobil-mobilan, kereta dan sebagainya. Bahkan pada pelajaran keterampilan di sekolah, siswa juga diajarkan membentuk tanah liat menjadi berbagai barang semisal pot bunga.

Untuk saat ini, tanah liat sudah jarang digunakan. Salah satunya karena semakin sulit mendapatkan tanah liat.  Maka di pasaran banyak dijual plastisin sebagai ganti tanah liat. Atau biasa disebut juga playdough (adonan mainan).

Playdough banyak digunakan di Taman Kanak-kanak atau playgroup sebagai media bermain sekaligus belajar. Bentuknya yang lunak dengan aneka warna menjadikan playdough anak-anak senang memainkannya. Namun, ternyata playdough akan lebih aman jika dibuat sendiri. Alasannya tentu saja playdough bauatan rumah tanpa bahan pengawet dan menggunakan pewarna makanan yang tidak membahayakan jika tanpa sengaja masuk ke mulut anak. Meski memang harus mengeluarkan biaya lebih dibanding langsung membeli di pasaran.

Berikut cara membuat playdough.

Bahan-bahan
1. Tepung terigu
2. Air
3. Garam
4. Minyak sayur
5. Pewarna makanan

Cara membuat
1. Larutkan garam di dalam air
2. Pisahkan air larutan garam tersebut ke dalam beberapa wadah sesuai dengan jumlah warna yang akan dibuat
3. Beri pewarna makan di masing-masing wadah berbeda seperti merah, hijau, biru, coklat dan lainnya
4. Perlahan-lahan masukkan tepung terigu dan sedikit minyak sayur, adonan diuleni hingga kalis
5. Jika adonan tidak lagi lengket di tangan artinya playdough siap dimainkan

Bermain playdough bagi anak-anak usia dini bisa bermanfaat untuk mengenalkan konsep warna, bentuk, serta tekstur baik oleh orang tua maupun guru. Selain tentu saja melatih motorik halus, kemampuan komunikasi dan menjalin kedekatan emosi anak. 

Namun, tak hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun menyukai playdough guna melatih kreatifitas membuat bermacam benda miniatur. Membuat playdough dan memainkannya bersama keluarga, sepertinya bisa jadi alternatif mengisi liburan yang juga keren. 

Selamat mencoba!




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI