Minggu, 08 Januari 2017

Resep Mie Tek-Tek Citarasa BKB

Ahay... bagi para pelancong, belum sah singgah ke Palembang kalau belum mampir ke BKB (Benteng Kuto Besak) yang berada tepat menghadap ke Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Lalu belum lengkap menikmati suasana temaram di BKB tanpa menyantap mie tek-tek. 

Yaps, BKB menjadi tempat paling mudah menjumpai penjual mie tek-tek. Akan ada belasan penjual mie tek-tek yang turut meramaikan hampir sepanjang malam di alun-alunnya kota Palembang tersebut.

Bahkan bagi wong Plembang, menyantap mie tek-tek di BKB sudah menjadi pilihan tempat nyantai favorit. Tapi, sesekali saat rindu mie tek-tek namun tak sempat membeli, kita tetap bisa membuatnya sendiri di rumah. 
Berikut resep mie tek-tek citarasa BKB.

Bahan
Mie telor satu bungkus; sedu lalu tiriskan.
Kubis tiga atau empat lembar
Telur
Kerupuk

Bumbu
Bawang merah
Bawang putih
Cabe rawit
Ketumbar
Merica
Kemiri
Garam dan kecap manis secukupnya
Minyak goreng

Cara Memasak
Haluskan semua bumbu lalu tumis hingga kecoklatan.

Masukan kubis yang telah dicincang kasar kemudian masukkan telur, aduk-aduk hingga merata. Tambahkan garam dan kecap.

Terakhir masukkan  mie, aduk rata dan angkat. Sajikan dengan menambahkan kerupuk dan bawang goreng. Mie tek-tek siap dihidangkan untuk tiga porsi.

Awalnya mie tek-tek hanya dijual di malam hari. Penjualnya berkeliling dengan memukulkan semacam lidi ke panci hingga menimbulkan suara, tek... tek... Namun  di beberapa tempat kini juga menjual mie tek-tek sejak pagi hari. Salah satu rahasia mie tek-tek selalu nikmat adalah penyajiannya senantiasa dalam kondisi hangat karena mie akan dimasak setelah ada yang memesan.

Jadi gimana, mau beli atau masak sendiri. Silahkan saja, selamat mencoba! 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI