Senin, 02 Januari 2017

Mencoba Resep Kuliner; Hobi, Kreatifitas hingga Bisnis

 “Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga beli buku Kitab Resep Setahun,” ujar seorang ibu dengan mata berbinar. Tentu saja buku yang dimaksud memiliki ratusan halaman dan lumayan mahal. Faktanya kursus memasak cukup mudah ditemui dengan peserta terbilang ramai. Beragam resep masakan mondar-mandir di sosial media juga penjualan buku masak yang selalu banyak peminat.

Aktifitas memasak sebagai bagian dari tugas --meski sebenarnya bukan kewajiban-- seorang istri ,menjadikan dapur dan segenap isinya menjadi teman setia. Sebenarnya, memasak bisa saja didelegasikan ke asisten rumah tangga, anak, atau delivery servis rumah makan. Namun, kebahagiaan tak terbayar saat bisa menyajikan makanan hasil karya sendiri. Terlebih semua anggota keluarga menyukainya.

Tanpa perlu intruksi khusus, semua ibu pasti akan meningkatkan keahliannya dalam hal masak-memasak. Termasuk diantaranya dengan mencoba beragam resep kuliner. Dari coba-coba, penasaran, berhasil sempurna, berani berkespresi hingga menikmati aktifitas memasak. “Gara-gara nonton film Korea. Jadi pengen banget bisa buat roti,” cerita Muhayati, owner Atinaa Snack saat berbincang sembari mendemonstrasikan resep killer soft bread di kediamannya. Ibu tiga anak itu pun mulai belajar membuat roti agar rasanya pas, teksturnya lembut, hingga aneka pilihan isi dan toping yang cantik.

Selain dapat menyediakan makanan sehat, ada banyak keuntungan saat seorang ibu punya keahlian memasak. “Ini cara saya nyenengin diri sendiri, ngobatin jenuh, sekaligus nyenengin keluarga,” tulisnya di album kreasi dapur. Makanan yang awalnya tidak berbentuk, rasa tidak jelas, bahan nyaris terbuang adalah sedikit pernik pengalaman mempraktekkan resep.

Bisnis yang dijalani Imuh, sapaan akrabnya, mulai berani menawarkan aneka kue melalui teman dekat, sosial media hingga ikut mengambil pesanan beberapa acara instansi. “Sebenarnya untungya gak seberapa. Tapi saat ada orang lain mau order dan mereka suka, itu yang membuat saya bahagia,” tambahnya yang berkeinginan kedepannya punya outlet sendiri. Diantara pilihan kue, donat menjadi primadona dengan beragam varian toping seperti dark choco, white choco, strawbery, oreo, keju, meses maupun donat kentang.

Untuk pengiriman, bisnis kuliner yang marak dilakukan para ibu rumah tangga terbantu dengan layanan motor atau mobil pengantar makanan yang bisa dipesan secara online. Bagi mereka yang masih sebatas hobi, biasanya hanya menerima pesanan di hari tertentu misalnya seminggu sekali. Tapi, banyak juga yang akhirnya memilih menekuni secara serius bisnis kuliner. Semua pilihan tersebut ternyata berawal dari menikmati aktifitas masak-memasak.   

Tips untuk yang baru memulai bisnis kuliner adalah pastikan produk yang ditawarkan telah benar-benar uji kelayakan rasa, tampilan hingga kemasan. Bisa test taste ke keluarga atau teman. Lalu mulialah tawarkan ke orang sekitar serta beranikan diri menerima pesanan. Testimoni dari pelanggan juga menunjang promosi usaha. Bisa juga bergabung di komunitas bisnis kuliner atau menjadi mitra binaan.

Oh iya, buat yang mau mencoba donat atau roti ala Atinaa Snack bisa hubungi di nomor 085367085636  atau bisa liat IG @atinaa_snack.  Selamat mencoba! 
...
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI