Jumat, 04 November 2016

Tips Tetap Tenang Saat Suami Keluar Kota

Untuk beberapa keperluan terkadang suami harus keluar kota atau keluar negeri dalam jangka waktu tertentu. Seperti dalam rangka tugas kerja, urusan keluarga pun karena agenda organisasi. 

Pada sebagian pasangan telah terbiasa dengan kondisi anggota keluarga saling berjauhan. Semisal tuntutan kerja yang memang berlokasi jauh dari rumah. Atau melanjutkan pendidikan. Tetapi bagi sebagian pasangan lain, ditinggal suami bukan perkara mudah.

Nah berikut beberapa tips agar para istri  tetap bisa  tenang meskipun harus ditinggal sejenak oleh suami.

Pertama, harus jelas kepentingan dan jangka waktunya
Untuk alasan apapun sejatinya suami-istri tinggal dalam satu rumah. Meski demikian bukan berarti tidak ada jalan lain jika kondisi mengharuskan keduanya berpisah beberapa saat. 

Seperti seorang suami yang mencari kerja di kota lain. Sementara mencari tempat tinggal yang lebih dekat dengan lokasi kerja, ia terpaksa berpisah dulu dengan sang istri. Guna menghindari kemungkinan buruk selama berjauhan, harus ada kesepakatan antara suami-istri sampai berapa lama untuk bisa bersama lagi.

Kedua, selalu menjaga komunikasi
Apakah kepergiaan suami dalam hitungan bulan, minggu bahkan hanya beberapa hari, tetap saja komunikasi harus senantiasa terjaga. Tentu saja tidak semua hal disampaiakan atau ditanyakan saat berkomunikasi. Bukankah keberadaan suami nun jauh di sana juga memiliki kesibukan hingga tidak setiap saat bisa mengangkat telpon atau membalas pesan. Namun, untuk urusan menjaga kesehatan biasanya para suami memang harus senantiasa diingatkan.

Ketiga, memastikan semua baik-baik saja
Jangan dikira istri yang ditinggalkan saja merasa khawatir terhadap kondisi suaminya. Suami yang pergi pun akan merasa cemas atas keadaan istrinya. Maka berusahalah untuk saling memastikan bahwa semua baik-baik saja. 

“Aku baru saja mengganti gas karena tadi mau masak ternyata gas habis.”
“Semalam lampu teras mati. Kuperiksa ternyata bola lampunya rusak. Dan sekarang sudah kuganti dengan bola lampu yang baru.” 

Itu contoh laporan istri yang tentu lebih menentramkan hati suami. Ketimbang harus memelas dengan menyatakan sejumlah masalah di rumah.  Selain lebih bisa membuat suami fokus dengan pekerjaanya, juga melatih kemandirian istri.

Keempat, persiapkan semua keperluan di rumah
Biar tidak terlalu repot menyelesaikan semua keperluan rumah tanpa bantuan suami, ada baiknya mempersiapkan sebelumnya. Pulsa listrik, pulsa hp, air, sayur dan lauk, gas, kebutuhan dapur dan seterusnya. 
Minimal mengurangi keharusan keluar rumah untuk berbelanja keperluan rumah.

Kelima, menyepakati jika harus keluar rumah
Nah ini yang juga tidak boleh dilupakan. Suami tidak sedang di rumah bukan berarti bebas melakukan apapun. Tetap saja harus meminta izin untuk beberapa hal seperti keluar rumah atau menerima tamu yang dikhawatirkan membuat fitnah.

Mungkin selama kepergian suami  dapat disepakati mana agenda yang tetap bisa diikuti istri atau mana agenda yang  ditunda dahulu sampai suami pulang.

Keenam, lebih waspada dengan kondisi rumah
Saat suami keluar kota tentu istri harus mengatur dan mengurusi rumah sepenuhnya. Diantaranya gangguan orang yang berniat jahat seperti pencuri, perampok hingga penculikan anak. Termasuk modus penipuan dengan berpura-pura terjadi sesuatu pada suami. 

Untuk mengantisipasinya, kondisi fisik dan psikis istri harus prima. Jangan sampai terbawa emosi hingga tidak bisa berpikir jernih. Cobalah lebih berhati-hati ketika ada orang tak dikenal (bahkan orang dikenal) yang punya gelagat mencurigakan. Simpan benda-benda tajam atau dapat melukai di tempat tersembunyi tetapi dapat dijangkau jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Ketujuh, selalu memohon perlindungan Allah
Bagaimanapun, ketenangan datangnya dari hati karena menyakini adanya perlindungan dari Dzat yang Maha Kuasa.  Memohonlah kepada Allah agar senantiasa dijaga dari semua bahaya baik dari mahluk nyata maupun mahluk gaib.

Demikian tujuh tips agar tetap tenang meskipun ditinggal  suami berpergian. Oh iya, jangan lupa menyiapkan sambutan kecil saat suami akan pulang ke rumah. Memasakkan makanan kesukaannya mungkin atau yang lainnya. 

Selamat menanti akhir pekan!

  
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI