Selasa, 29 November 2016

Tips Mendongeng Menyenangkan Bagi Anak

Para orang tua kita dulu sangat akrab dengan dongeng sebelum tidur. Sebuah kebiasaan untuk menemani anak-anaknya menjelang tidur dengan menceritakan sebuah kisah. Biasanya, kisah-kisah tersebut berupa mitos atau legenda. Ternyata, kebiasaan mendogeng memiliki banyak manfaat. Diantaranya menjalin kedekatan emosi orang  tua dan anak. 

Sayangnya, kebiasaan tersebut kini tidak lagi banyak dilakukan orang tua. Baik karena kasibukan orang tua hingga tidak cukup waktu atau bahkan masih beraktifitas saat sang anak akan tidur. Maupun ketidakakraban orang tua dengan kebiasaan mendongeng.

Sebenarnya, mendongeng tidak harus saat anak akan tidur. Mendongeng bisa dilakukan kapanpun. Termasuk juga penanaman kebiasaan baik bagi anak bisa dilakukan dengan mendongeng. Jadi mendongeng masuk dalam pilihan konsep penyampaian materi  pelajaran khususnya bagi pendidikan anak usia dini.

Maka, keterampilan mendongeng dibutuhkan oleh orang tua maupun guru. Untuk yang belum pernah atau tidak terbiasa mendongeng, berikut tips sederhana agar para ayah-bunda sukses mendongeng.

Pertama, pilihlah dongeng atau cerita yang sesuai dengan perkembangan anak. Bisa mengambil cerita dari buku atau mengarang sendiri.  

Kedua, sampaikanlah dongeng dengan ekspresif. Intonasi suara serta mimik muka dan gerak akan sangat mendukung  pesan yang disampaikan lewat dongeng.

Ketiga, bisa menggunakan properti seperti boneka dan lainnya. Gunakan barang-barang yang bisa menarik perhatian anak agar kesan gembira lebih terasa.

Keempat, tetap jaga konsentarasi anak dengan sesekali mengajak interaksi. Semisal dimulai dengan menanyakan nama atau pendapat mereka tentang cerita yang sedang didongengkan.

Kelima, permainan ringan serta bernyanyi bersama bisa dilakukan untuk menghindari anak bosan karena hanya duduk mendengarkan.  

Keenam, ulangi bagian dongeng yang menjadi kesimpulan atau pelajaran bagi anak. Anak akan lebih mengingat pesan jika disampaikan dengan cara menyenangkan. Misalnya,  sesama teman harus saling menolong seperti cerita kancil dan rusa tadi.

Nah, ternyata tidak terlalu sulit mendongeng untuk anak-anak kita. Ayah-bunda hanya butuh kebiasaan agar makin terbiasa. Selain tentunya menikmati cerita agar bisa menyatu dengan dongeng yang disampaikan. Melihat anak-anak berbahagia  saat mendengar kita mendongeng menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Yok mari selalu luangkan waktu mendongeng untuk si kecil!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI