Kamis, 17 November 2016

Memilih Buku yang Tepat untuk Balita

Aktifitas membaca sangat baik mulai dibiasakan pada anak sedini mungkin. Ada banyak manfaat membaca bagi balita. Melatih indra pendengaran dan penglihatan, merangsang daya ingat, menambah kosa kata, meningkatkan kemampuan berbahasa hingga menjalin kedekatan dengan orang tua.

Kabar gembiranya sudah banyak orang tua yang peduli dengan aktifitas membaca anak-anaknya. Setidaknya dibuktikan dengan maraknya orang tua mengkoleksi buku khususnya untuk anak-anak. Tapi yang perlu diingat adalah membeli buku atau menyediakan bahan bacaan harus sesuai dengan kebutuhan anak.

Berikut tips memilih buku yang tepat untuk balita.

1. Buku sesuai dengan usia dan tingkat perkembangannya 
Bagi balita yang belum bisa membaca, maka orang tualah yang membacakannya. Buku berupa cerita-cerita menarik dengan bahasa sederhana.  Atau kalau anak membaca sendiri maka yang dibacanya adalah gambar yang tertera di buku.

2. Pilih buku yang dirancang khusus untuk anak 
Beberapa jenis buku anak seperti buku bantal, buku pop-up, movable book, atau lift the flat book. Biasanya  jenis buku anak memiliki ciri memiliki banyak gambar dan penuh warna, teks tulisan dicetak lebih besar dan tidak terlalu banyak, serta bentuk buku unik dan menarik.

3. Pertimbangkan harga buku
Buku anak dengan rancangan khusus biasanya dijual dengan harga lebih mahal. Jangan sampai karena mahalnya harga membuat orang tua khawatir jika buku tersebut robek atau rusak. Dampaknya si anak tidak leluasa membuka-buka bukunya.  

4. Perhatikan juga ketebalan buku
Anak-anak cendrung ingin melihat banyak buku. Bahkan setiap minggu anak akan senang jika ada buku baru. Guna menyiasatinya belilah buku yang tidak terlalu tebal jumlah halamannya, sehingga tidak menyebabkan anak cepat bosan dengan satu buku. Atau saat membeli beberapa buku, tidaklangsung diberikan semua ke anak tapi menyicil tiap minggu atau tiap bulan.

5. Hati-hati ada virus dalam buku
Berbagai tindakan dan pemikiran yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang diterapkan oleh sebuah keluarga bisa dikategorikan sebagai virus. Dan virus ini bisa mempengaruhi daya pikir anak lewat buku yang mereka baca.

Cara mengantisipasinya dengan memastikan bahwa buku yang dibaca anak aman. Orang tua bisa membaca referensi bukunya terlebih dahulu sebelum membeli, memilih penulis dan penerbit terpercaya hingga membaca sendiri sampai selesai sebelum menyerahkannya ke anak.

Semoga niat baik orang tua menyediakan bahan bacaan bagi buah hati menjadi lebih maksimal hasilnya dengan memperhatikan hal di atas. Yuk terus temani anak-anak kita membaca.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI