Selasa, 15 November 2016

Bermain dengan Ceria di Musim Hujan

Memastikan anak-anak selalu ceria adalah bagian dari tanggung jawa orang tua. Dan biasanya di musim penghujan, anak-anak menjadi rawan sakit hingga menghilangkan keceriaannya. Adapun penyakit yang banyak terjadi di musim hujan adalah demam, batuk, pilek, diare. Sebenarnya gejala-gejala tersebut merupakan rekasi sistem kekebalan tubuh terhadap kuman atau virus yang masuk.  Jadi, para orang tua meski bijak mengantisipasi datangnya rombongan virus yang bertebaran di musim penghujan.



Berikut tips melindungi si kecil selama musim penghujan.

Konsumsi  supleman
Selain makanan sehat dan seimbang, suplemen makanan sesekali dibutuhkan  Suplemen makanan banyak  mengandung nutrisi yang membantu proses kekebalan tubuh. Untuk Bagi bayi  usia dibawah 2 tahun suplemen terbaiknya ada pada ASI. Untuk anak-anak bisa diberi bermacam suplemen yang banyak dijual di apotek tapi suplemen alami seperti madu atau sari kurma mungkin lebih baik.

Beri pemahaman anak tentang melindungi diri
Karena sebagain besar peyakit disebabkan cara hidup yang sembarangan. Maka sedari dini, anak-anak diberi penjelasan dengan bahasa sederhana tentang menjaga kesehatannya. Bahkan untuk hal-hal yang terlihat sepele. Misalnya sarapan sebelum berangkat ke sekolah. Melepas kaos kaki yang basah agar tidak kedinginan. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Memakai jaket jika udara dingin. Dan sebagainya.

Boleh bermain air tapi dengan ketentuan
Bisa dipastikan tiap anak suka bermain air. Musim hujan bukanlah penghalang untuk tetap melakukan permainan di air selama orang tua membuat aturan demi menjaga kesehatan anak. Seperti durasi waktu berapa lama boleh bermain di air. 

Menyiapkan banyak alternatif permainan indoor
Saat musim penghujan terkadang hujan terjadi hingga sepanjang hari. Agar anak-anak tidak bosan hanya di dalam rumah tanpa bisa bermain di luar, maka orang tua harus menyiapkan beberapa permainan seru meski di dalam rumah. Keterlibatan oarng tua dalam permainan tentu semakin melengkapi keceriaan anak.

Jangan lupa kelengkapan saat berpergian
Walaupun misalnya berangkat dalam kondisi cuaca cerah, tidak ada salahnya tetap mengantisipasi berbagai kemungkinan cuaca buruk. Jadi kelengkapan seperti payung, jas hujan, jaket, sepatu boad, sarung tangan hingga P3K, juga perlu disiapkan.

Jika sudah ada gejala kurang fit, segera pulihkan badan
Tidak harus terburu-buru minum obat, tetapi memulihkan kondisi badan bisa dilakukan dengan istirahat lebih sering, konsumsi ramuan hangat seperti air jahe, air jeruk atau susu, juga memijat tubuh anak dengan minyak telon atau sejenisnya.

Demikian tips singkat agar anak-anak bisa tetap aktif bermain tanpa kehilangan keceriaan karena sakit di musim penghujan. Semoga bermanfaat!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI