Senin, 17 Oktober 2016

Dengarkan Celoteh Anak, Yuk!

Ada banyak kesalahan di dalan hidup ini. Tapi, kesalahan terbesar adalah mengabaikan anak-anak. (Taufik Ismail)

***

Ada kondisi buruk yang tengah terjadi pada anak-anak kita hari ini. Sedikit menyebutnya seperti keranjingan game online, merokok, tawuran, kebut-kebutan liar, pemakaian narkoba, bullying dan seterusnya.

Semua itu tidak terjadi dengan sendirinya. Ada faktor penyebab. Diantaranya pola hidup keluarga dimana anak tersebut dibesarkan tidak mendukung tumbuh kembang dengan baik dan sehat.

Harus diakui, cara pandang dan pengasuhan orang tua akan sangat mempengaruhi sifat dan kepribadian anak.
Orang tua yang terlalu sibuk, tidak ada komunikasi dengan anak, memiliki tuntutan yang tinggi, tidak mengetahui potensi anak hingga perilaku diskriminasi adalah bagian dari kesalahan tersebut.

Melalui buku ini penulis ingin mengajak orang tua juga pendidik agar lebih peka terhadap kebutuhan anak. Dan agar keinginan anak sejalan dengan harapan orang tua, maka harus ada komunikasi harmonis antara keduanya.

Anak adalah anugerah Tuhan dengan semua keunikannya yang itu tidak bisa disamakan antara satu dan lainnya. Maka perilakukanlah anak sesuai kondisi mereka. Sebagai contoh pemilihan metode belajar akan efektif jika mempertimbangkan tipe dan karakter anak.

Selain itu, perkembangan zaman pun mempengaruhi lingkungan anak. Sehingga orang tua diharapkan dapat terus belajar agar menjadi pendidik yang berhasil bagi anak-anaknya.

Dan terpenting, senantiasa mendengarkan anak agar anak mau mendengar orang tuanya.

***

Identitas Buku
Judul : Ayo Mendengarkan Anak!
Penulis : Dhanang Sasongko
Penerbit : Sumbangsih Untuk Negeri Foundation
Tebal : 198 hlm.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI