Jumat, 21 Oktober 2016

Bunga Pepaya, Pudarkan Pahitnya Nikmati Kelezatannya

Makan siang ini menunya apa?

Sudah pernah coba memasak bunga pepaya? 
Yang sudah pernah mungkin bisa berbagi pengalaman resep yang enak berbahan bunga pepaya.
Nah buat bunda yang belum pernah mencoba, yuk sesekali dicoba.
Bunga pepaya yang biasa dijual di pasar adalah bunga pepaya jantan. Dari contekan pelajaran Biologi, ternyata bunga pepaya ada tiga jenis. Bunga pepaya jantan, bunga pepaya betina dan bunga pepaya sempurna. Bunga pepaya jantan langsung dipetik dan dikonsumsi karena tidak memiliki bakal buah.
Sama seperti daunnya, bunga pepaya memiliki rasa pahit. Rasa pahit tersebut dikarenakan mengandung Alkaloid Carpein yang kemudian diketahui bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung. Tak hanya itu, bunga pepaya juga ampuh sebagai antioksidan.
Agar rasa pahit tidak menghalangi bunda menjadikan bunga pepaya sebagai salah satu referensi menu sayuran, berikut tips agar rasa pahit memudar.
Rebus bunga pepaya dicampur daun seduduk. Daun seduduk adalah sejenis tanaman liar yang tumbuh begitu saja. Batangnya memiliki tinggi sekitar setengah meter hingga dua meter dengan daun lonjong kecil-kecil. Tanaman ini juga memiliki bunga merah jambu dan buahnya hitam dengan yang manis. 

bunga daun pepaya dicampur daun seduduk
Masukkan sekitar 3-4 cabang daun seduduk lalu direbus bersamaan dengan dengan bunga pepaya sekitar 10 menit dengan api sedang dan air terendam. Lalu tiriskan bunga pepaya. Cuci bersih sembari dibuang daun seduduknya. Bunga pepaya siap dimasak sesuai resep yang diinginkan.
Paling praktis, resep tumis teri daun pepaya.
Bahan-bahan
¼ kg daun pepaya, teri, minya sayur, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, garam dan gula
Cara memasak
Iris bawang merah, bawang putih dan cabai rawit.
Teri yang sudah dibersihkan, digoreng pinggirkan dulu. Tumis bumbu iris hingga kecoklatan. Lalu masukkan bunga pepaya. Beri garam, gula serta air secukupnya. Tunggu hingga bunga pepaya lembut dan matang. Selesai dan siap disantap.

Harga ¼  kg bunga pepaya hanya Rp. 3.000,- murah kan?! Jadi, selamat mencoba!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI